Bungkus Sabu dalam Permen, AY di Malikian Nyaris Kelabui Satres Narkoba

  • Bagikan
Tersangka DG alias AY berikut barang bukti sabu di Mapolres Mempawah, Minggu (13/6/2021). Tersangka menggunakan modus baru untuk menyembunyikan sabu, yakni dikemas khusus dalam bungkusan permen.

Suaraindo.id— Gaspoll. Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Mempawah kembali menangkap pengedar narkotika golongan 1 jenis Sabu di Desa Malikian, Kecamatan Mempawah Hilir, Sabtu (12/6/2021) pukul 23.00 WIB.

Pengedar yang ditangkap ini berinisial DG alias AY, usia 21 tahun, warga Jalan Parit Serikat, Desa Malikian.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kasatres Narkoba, Iptu Eldyg Hernowo, ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya penangkapan terhadap DG alias AY di Desa Malikian, Sabtu malam.

Menurut Eldyg, penangkapan terhadap DG alias AY berawal dari laporan masyarakat bahwa dia sering terlibat dalam transaksi jual beli dan kepemilikan narkotika golongan 1 jenis sabu.

Mendapat laporan masyarakat yang resah atas peredaran narkotika, Tim Satres Narkoba Polres Mempawah pun melakukan penyelidikan.

“Akhirnya, pada Sabtu (12/6/2021) sore, kami mendapat informasi yang bersangkutan akan kembali bertransaksi sabu. Karena itu, kami melakukan pengintaian dan pengendapan untuk menangkapnya,” ungkap Eldyg, Minggu (13/6/2021) sore.

Cukup lama polisi harus bersabar untuk mengawasi gerak-gerik tersangka DG alias AY. Bahkan hingga malam hari, pengendapan tetap dilakukan agar buruan tak lolos.

Pada pukul 23.00 WIB, tersangka DG alias AY yang tak sadar telah diintai, bersepeda motor Vario KB 6068 BJ, melaju kencang di Jalan Raya Malikian.

Saat itu lah, Tim Satres Narkoba Polres Mempawah langsung melakukan penangkapan dengan cara melintangkan sepeda motor di jalan.

Begitu hendak melarikan diri, DG alias AY langsung dibekuk di tengah jalan.

Hebatnya, ia sempat mengeluarkan tantangan kepada petugas. Ia mengatakan dirinya bersih dan tak berbuat kejahatan apapun.

Tapi ia tetap dibekuk sambil menunggu Ketua RT setempat untuk dilakukan penggeledahan.

“Kami cukup kesulitan untuk mencari barang bukti meski disaksikan Ketua RT. Rupanya, tersangka DG alias AY menggunakan modus baru untuk menyembunyikan sabu, yakni dikemas atau dibungkus dalam permen,” katanya.

Permen itu sempat dilewatkan polisi, karena mengira benar-benar berisi permen. Tapi begitu dilakukan pemeriksaan ulang, bungkusan permen itu dibuka petugas.

Rupanya, bungkus permen berisi kertas tisu yang dikemas khusus untuk menyembunyikan narkotika golongan 1 jenis sabu. Tak ayal, DG alias AY yang yang sempat menantang polisi, tak berkutik lagi.

“Di hadapan Ketua RT, tersangka mengakui bahwa sabu itu miliknya. Ia langsung kita giring ke Mapolres Mempawah untuk proses hukum lebih lanjut,” tegas Eldyg Hernowo.

Selain sabu, Tim Satres Narkoba juga mengamankan satu unit sepeda motor dan HP android milik tersangka.

  • Bagikan