Reaksi Haru Jemaah yang Terpilih Berhaji Tahun Ini

  • Bagikan
Jemaah melakukan tawaf mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram di kota suci umat Islam Mekkah, Arab Saudi, 31 Juli 2020. (Foto: AP)

Hingga 60.000 Muslim yang tinggal di Arab Saudi diizinkan menunaikan ibadah haji tahun ini, menuai kecemburuan dan ketakjuban jutaan jemaah internasional yang untuk kedua kalinya dilarang karena pandemi virus corona. Melalui sistem pemilihan online, mereka dipilih dari lebih 558.000 yang mendaftar, semua warga negara atau penduduk kerajaan itu.

Di antara yang terpilih adalah Ameen, usia 58 tahun, kontraktor minyak India yang berbasis di Dammam. Ia terpilih bersama istri dan tiga anaknya yang sudah dewasa. “Kami sangat senang,” kata Ameen, yang hanya menyebut nama depannya. “Begitu banyak teman dan kerabat kami ditolak,” katanya kepada kantor berita AFP.

Jemaah yang dipilih berasal dari 150 negara, umumnya baru pertama kali menunaikan haji.

“Saya merasa seperti menang lotre,” kata Mohammed El Eter, apoteker asal Mesir, setelah terpilih. “Ini adalah momen spesial dan tak terlupakan dalam hidup seseorang. Saya berterima kasih kepada Allah atas kesempatan ini, terpilih dari banyak orang yang melamar,” kata pria berusia 31 tahun itu kepada AFP.

Rangkaian haji selama lima hari dimulai Sabtu (17/7), terbatas untuk penduduk kerajaan itu yang telah divaksinasi penuh dan berusia 18-65 tahun tanpa penyakit kronis, kata kementerian haji, yang menerima banyak pertanyaan sedih di Twitter dari pelamar yang ditolak tentang lotere pemerintah yang dikontrol ketat. [ka/ah]

  • Bagikan