Satgas Covid-19 Resmi Batalkan Tour De Singkarak 2021

  • Bagikan
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumatra Barat Jasman Rizal.

Suaraindo.id- Satuan Tugas Penanganan Covid-19 resmi batalkan pelaksanaan iven kejuaraan sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2021. Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumatra Barat Jasman Rizal mengatakan,bahwa dibatalkannya iven akbar ini  sudah melalui beberapa pertimbangan.

“Memang dari Dinas Pariwisata Sumbar telah mengajukan izin untuk pelaksanaan TdS 2021. Secara teknis, secara langsung Dinas Pariwisata menindaklanjutinya. Surat permohonan rekomendasi dari Dinas Pariwisata itu kami nyatakan tidak kita berikan rekomendasi,” katanya saat ditemui awak media di Kantor Gubernur, Senin, (06/09/21).

Ia menyebutkan pembatalan pelaksanaan TdS ini sesuai dengan saran dan masukan dari berbagai pihak seperti masyarakat, organisasi, pakar, dan sebagainya. Salah satu penyebabnya karena pandemi Covid-19 masih melanda Tanah Air termasuk Sumbar.

“Dengan berat hati,kita membatalkan nya.kita tahu ini banyak peminatnya, karena ini bagian salah satu ikon dari pariwisata Sumbar. tapi karena menyangkut masalah kesehatan masyarakat, Ditambah secara psikologi masyarakat kita belum siap. Kemudian juga banyak kabupaten/kota yang tidak bisa ikut. Ini menjadi pertimbangan juga,” tutur Jasman.

Disebutkan sebelumnya, TdS sempat mengalami perubahan jadwal yang awalnya direncanakan akan dihelat September. Namun, setelah beberapa pertimbangan sempat mengalami kemunduran akan dilaksanakan pada Bulan Oktober.

Jasman menyebutkan kegiatan ini akan menyebabkan berkumpulnya sejumlah orang yang datang dari luar Sumatera Barat yang berpotensi menciptakan penyebaran virus lebih banyak.

Iven TdS 2021 ini dapat menimbulkan kerumunan hingga pengabaian protokol kesehatan, yang berpotensi menciptakan klaster baru dan menghambat upaya penanganan pandemi.salah satu alasan inilah TdS 2021 ini kita batalkan”tutup Jasman.

  • Bagikan