RSUD dr Raden Soejono Lotim Sosialisasikan Vaksinasi Bagi ODGJ

  • Bagikan

SuaraIndo.id—- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Raden Soejono Lombok Timur, sosialisasikan vaksinasi dengan sasaran Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Sosialisasi berlangsung di depan Klinik Jiwa RSUD dr Raden Soejono, dengan menghadirkan keluarga Orang Dengan Gangguan Jiwa, Senin 25 Oktober 2021.

Kegiatan ini, diharapkan agar pihak keluarga menyadari pentingnya vaksinasi bagi semua pihak, termasuk ODGJ. Karena, beberapa pemantauaj medis, ODGJ sangat rentan terpapar covid-19.

Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa RSUD Dr Raden Soejono Selong dr Febriana Puspita Adji, menyebutkan saat ini timbul stigma, bahwa pasien Dengan Gangguan Jiwa tidak bisa terpapar Covid-19. Padahal, pada kenyataannya di beberapa Daerah, ada perawatan jiwa dengan Covid-19, karena dinilai sangat rentan.

Menurut, Puspita ODGJ ini justru sangat membutuhkan Vaksin. Karena, orang yang terganggu jiwanya, memiliki penilaian buruk. “ODGJ lebih rentan terinveksi virus, termasuk Civid-19,” ujar Puspita, pada wartawan.

Penerapan Protokol Kesehatan bagi ODGJ juga sulit. Pasalnya, antara fikiran dengan tindakan sudah tidak sesuai. Sehingga diperlukan tindakan khusus. Untuk, ODGJ ini sangat wajib, masuk daftar sasaran vaksinasi.

Lebih lanjut Puspita mengatakan, pada hari perdana vaksinasi-19 bagi ODGJ, pihak rumah sakit menyediakan kuota 50 dosis.

Saat ini, rumah sakit, Puskesmas sedang melakukan pendataan jumlah sasaran, dengan bekerjasama dengan pihak Pemerintah Desa dan Kecamatan.

Menurut Puspita, sasaran ODGJ ini memiliki cara khusus penanganan. Selain itu, membutuhkan Pendampingan dari spesialis atau orang yang ahli menangangi dibidang kejiwaan.

Bagi Puskesmas yang melakukan vaksinasi, dengan sasaran ODGJ diharapkan agar melakukan koordinasi langsung ke Rumah Sakit, untuk mendapatkan rekomendasi dari dokter spesialis.

Agar Dinas Kesehatan Lombok Timur, melakukan penyuluhan ke tengah masyarakat. Terutama terhadap kekuarga, agar lebih memahami program vaksinasi bagi ODGJ.

Penulis: NanangEditor: Redaksi
  • Bagikan