Kapal AL Thailand Tenggelam, Upaya Penyelamatan Masih Berlangsung

  • Bagikan
Daftar kapal perang korvet HTMS Sukhothai di lepas pantai Provinsi Prachuap Khiri Khan, Thailand, Minggu, 18 Desember 2022. (Foto: via AP)

Suaraindo.id – Sebuah kapal angkatan laut Thailand tenggelam di Teluk Thailand. Kapal-kapal dan helikopter tersebut pada Senin (19/12) masih berupaya menyelamatkan para awaknya.

Hingga menjelang siang, 75 pelaut telah diselamatkan dan 31 lainnya masih berada di air, kata Angkatan Laut.

Angin kencang menghempaskan air laut ke kapal korvet HTMS Sukhothai dan merusak sistem kelistrikannya pada Minggu malam. Angkatan Laut Kerajaan Thailand mengirim tiga fregat dan dua helikopter dengan mesin pompa untuk berupaya membantu kapal tersebut mengeluarkan air laut. Angin kencang membuat mereka tidak dapat melakukan upaya tersebut.

Ketiadaan listrik membuat semakin banyak air laut mengalir ke kapal, menyebabkannya miring dan tenggelam.

Ini terjadi ketika kapal perang itu sedang berpatroli di laut sekitar 32 kilometer dari Dermaga di distrik Bangsaphan di Provinsi Prachuap Khiri Khan.

Sementara bagian utara dan tengah Thailand menghadapi suhu terdingin tahun ini, bagian paling selatan Thailand mengalami badai dan banjir dalam beberapa hari ini. Kapal-kapal diperingatkan untuk tidak berlayar. [uh/ab]

 

  • Bagikan