Pernikahan Dini Sumbang Peningkatan Stunting di Kabupaten Melawi

  • Bagikan
Stunting di Kabupaten Melawi banyak disebabkan oleh pernikahan dini. Maka dari itu BKKBN Kalbar beserta Ketua TPPS Kalbar melakukan sosialisasi di Kabupaten Melawi.

Suaraindo.id – Tingginya angka stunting di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat (Kalbar), yakni disebabkan berbagai faktor. Satu diantaranya pernikahan dini. Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Melawi.

“Cukup banyak anak remaja putus sekolah. Temuan menikah di usia muda di Melawi juga cukup tinggi. Ini juga memicu terjadinya stunting,” ujar Kluisen.

Menurutnya kejadian nikah muda terdapat banyak faktor. Kadang anak putus sekolah, lalu merantau ke kota. Kemudian sampai di kota terpengaruh dengan hal negatif lalulah terjadi pernikahan dini.

Selain itu, rendahnya partisipasi orang tua membawa anaknya ke posyandu membuat Organisasi Perangkat Daerah yang menangani sulit mendeteksi. Dengan minimnya data laporan di posyandu, turut menjadi kendala yang dihadapi di Melawi ini.

Belum lagi persoalan masyarakat yang tidak semua memahami tentang pentingnya menjalani pola hidup sehat dengan asupan gizi seimbang. Lalu kurangnya kesadaran ibu untuk memberikan ASI ekslusif turut menjadi persoalan.

“Ini yang terjadi di masyarakat. Bahwa banyak warga ke ladang. Pergi pagi pulang hingga sore nanti. Sehingga ibu yang memiliki bayi tak sempat memberikan ASI nya,” katanya.

Kluisen melanjutkan, budaya masyarakat yang belum sepenuhnya mengkonsumsi air bersih dan minimnya persentase rumah tangga berakses air minum masih ditemukan di Melawi. Kemudian tingginya persentase rumah tidak layak huni dan belum teratasinya komplek pemukiman kumuh menjadi persoalannya.

Ia berharap dalam kegiatan workshop ini, ke depan mampu mendapatkan pemahaman bersama dalam upaya percepatan penurunan stunting di Melawi.

“Pencegahan stunting dari hulu juga dilakukan. Salah satunya dengan pemberian obat tambah darah pada remaja perempuan di sekolah. Adanya intervensi tersebut, diharap ke depan angka stunting di Melawi bisa turun,” pungkasnya.

  • Bagikan