Mobile JKN Akses Layanan Kesehatan Semakin Praktis

  • Bagikan
Mobile JKN Akses Layanan Kesehatan Semakin Praktis. Suaraindo.id/SUARAKALBAR.CO.ID/ist

Suaraindo.id – Berbagai kemudahan telah ditawarkan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada pesertanya. Salah satunya yaitu kemudahan akses layanan cukup menggunakan Kartu Digital yang bisa diakses peserta melalui Aplikasi Mobile JKN. Hal itulah yang turut dirasakan oleh salah satu peserta JKN bernama Ari Nurhadi (26).

Ari mengatakan sudah lama menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk mengakses berbagai layanan Program JKN. Menurutnya Mobile JKN merupakan Aplikasi yang dapat menjawab kebutuhan peserta JKN.

“saya bergabung menjadi peserta JKN sejak pertama kali bekerja sekitar 2 tahun lalu. Dapat informasi tentang aplikasi ini langsung saya download, menurut saya cukup mudah dan praktis ya cara menggunakannya. Kita juga bisa akses kartu digital untuk berobat, mengupdate data secara mandiri, mengecek status, sampai layanan konsultasi dokter bisa di akses malalui Mobile JKN” tutur Ari.

Kemudahan layanan kesehatan Program JKN semakin dirasakan Ari ketika istri nya melahirkan di sebuah rumah sakit di Kabupaten Kubu Raya. Kala itu ia langsung membawa istri ke rumah sakit karena sudah kontraksi hebat.

“dulu katanya berobat pakai BPJS Kesehatan ribet, sulit. Tapi beberapa waktu lalu saya membawa istri saya tidak ada masalah. Langsung ditangani setelah dilakukan pemeriksaan dokter mengatakan harus langsung dilakukan tindakan operasi sesar. Alhamdulillah semua berjalan lancar, bahkan saat mengurus administrasi saya hanya menunjukan Kartu Digital melalui Mobile JKN dapat dilayani, setelahnya barulah petugas meminta untuk menunjukan identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP),” tutur Ari.

Ari merasa semakin terbantu ketika seluruh proses lahiran anaknya selesai ternyata tidak ada biaya tambahan yang harus ia keluarkan, semua sudah ditanggung Program JKN. Ia berharap Program JKN selalu ada dan semakin berkembang menjadi satu-satunya asuransi kesehatan andalan masyarakat Indonesia.

“kami berharap Program JKN akan terus selalu berkembang dan tentunya selalu ada untuk masyarakat Indonesia. Program ini sudah sangat membantu meringankan biaya ketika kita mengalami sakit. Jika tidak menggunakan JKN pasti sangat berat ditambah kondisi ekonomi yang semakin hari semakin sulit. Program JKN telah hadir dengan biaya terjangkau namun bisa melindungi masyarakat Indonesia dari beratnya biaya pengobatan,” tutur Ari.

Ari juga mengatakan fasilitas kesehatan juga semakin hari telah memberikan pelayanan yang semakin baik, saat dirinya berkunjung ke faskes ia mengatakan petugasnya melayani dengan ramah. Begitu pula untuk antrean tidak pernah dibedakan antara pasien umum, asuransi swasta, maupun peserta BPJS Kesehatan, apalagi untuk urusan administrasi sudah paperless tidak perlu bawa berkas-berkas lagi.

Sebagai informasi untuk seluruh peserta JKN, saat ini berbagai inovasi digitalisasi layanan kesehatan sudah diberikan. Peserta sudah tidak perlu membawa banyak berkas ketika mendapatkan layanan cukup tunjukan NIK melalui KTP atau KK. Agar semakin mudah peserta juga dapat mengunduh Aplikasi Mobile JKN, dimana didalamnya tersedia berbagai menu layanan mandiri seperti perubahan data, pendaftaran, pengambilan antrean online sebelum ke faskes, konsultasi dokter sampai ke pengaduan layanan bisa dilakukan di Aplikasi Mobile JKN.

Untuk pengurusan administrasi yang biasa dilakukan di Kantor Cabang, kini BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan melalui chat Whatsapp yang disebut layanan PANDAWA di nomor 08118165165. Melalui PANDAWA masyarakat bisa mengakses layanan pendaftaran, penambahan anggota keluarga, pengaktifan kembali kartu, pindah jenis kepesertaan non aktif menjadi PBPU/Mandiri, Perubahan/Perbaikan Data, Perubahan FKTP Bagi TNI/Polri karena pindah domisili, pengurangan anggota keluarga, dan perubahan kelas rawat bagi peserta yang belum membayar iuran pertama.

  • Bagikan