RSUD dr Abdul Aziz Singkawang Siaga Jika Terjadi KLB Demam Berdarah

  • Bagikan
Seorang balita dirawat di ruang bangsal anak RSUD dr Abdul Aziz Singkawang, Kamis (30/11/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/ Hendra.

Suaraindo.id-RSUD dr Abdul Aziz Singkawang melakukan kesiapsiagaan apabila terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) demam berdarah di Kota Singkawang dengan menyiapkan sarana dan prasarana, personel, peralatan dan obat-obatan.

“Jika terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) demam berdarah, kami sebelumnya sudah mengeluarkan surat edaran kesiapsiagaan meliputi sumber daya manusia, alat penanganan demam berdarah, sarana dan prasarana dan obat-obatan,” ujar Direktur RSUD dr Abdul Aziz Singkawang, dr Achmad Hardin, Sp.PD.FINASIM.

Sedangkan upaya pencegahan, kata Achmad Hardin, diantaranya memberikan surat edaran kepada seluruh unit untuk melakukan pencegahan demam berdarah di lingkungan rumah sakit dan keluarga di rumah.

Terkait dengan kasus demam berdarah yang dirawat di RSUD dr Abdul Aziz Singkawang, jelas Achmad Hardin, dari Januari hingga Oktober 2023 untuk rawat inap sebanyak 37 pasien dan rawat jalan sebanyak 16 orang sedangkan pada Oktober yang dirawat sebanyak 9 orang.

Mengenai seorang pasien demam berdarah yang meninggal akibat demam berdarah belum lama ini, kata Hardin, dimana pasien datang dalam kondisi klinis dan mengalami DSS (Dengue Shock Syndrome).

“Akhirnya kita rawat di ruang ICU karena dalam kondisi klinis dan kita berusaha menyelamatkan nyawa pasien,” jelasnya.

Achmad Hardin mengimbau apabila ada gejala-gejala demam berdarah untuk segera melakukan pemeriksaan pelayanan kesehatan terdekat, supaya pasien tersebut cepat terdeteksi dan cepat ditangani tim medis.

  • Bagikan