Dinas Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

  • Bagikan

Suaraindo.id– Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewwn Kabupaten Lombok Timur melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di sejumlah titik pemotongan hewan kurban.

Pemeriksaan ini rutin dilakukan setiap tahunnya pada Hewan Kurban. Tujuannya, untuk memastikan kondisi ternak sebelum dan sesudah kurban.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lombok Timur Hultatang mengatakan, dua item pemeriksaan kesehatam hewan kurban. Diantaranya, Antemortem dan Postmortem.

Pemeriksaa  Antemortem ini lebig pada ko disi fisik, kelayakan hewan, dan usia ternah yang hendak di kurban. Sementara pada pemeriksaan Postmortem yakni pada daging hewan setelah dilakukan pemotongan hewan kurban. Tujuannya untuk memantau kobdisi daging hewan kurban, agar terhi dar dari berbagai jenis penyakit. Salah satunya yang banyak ditenukan yakni, cacibg pada hewan kurban.

Hultatang menambahkan dari beberapa pemeriksaaan hewan kurban, semua layak. Baik dari usia, fisik dan kesehatan sudah sesuai dengan kaidah islam. Begitu juga padadaging hewan kurban, sudah sesuai standar atau yang dikenal dengan istilah Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH).

Lebih lanjut Hultatang mengatakan  masyarakat sudah memahami secara Syariat Islam, yang berkaitan dengam hewan kurban. Sehingga secara fisik sudah mentehaui ciri ciri hewan yang layak. Namun, Dinas hanya memastikan kondisi kesehatan hewan yang hendak di kurban.

Di sisi lain, ditengah masyarakat sudah memiliki panitia khusus. Sehingga hewan kurban yang didatangkan, sudah dikoordinasikan bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lombok Timur.

Pemeriksaan hewan kurban dilakukan masing masing Kelompok Ternak yang ada di Lombok Timur. Karena, kelompok kerap menjadi incaran masyarakat untuk mencari hewan kurban.

Dari hasil pemeriksaan, rata rata kondisi fisik sudah sesuai standar. Bahkan daging kurban sebemum dibagikan ke tengah masyarakat sudah memenuhi ketentuan agama dan kesehatan hewan.

Penulis: NanangEditor: Redaksi
  • Bagikan