Masyarakat dipedalaman RI-Malaysia Sambut Antusias Vaksinasi Covid-19

  • Bagikan
Vaksinasi di Perbatasan Indonesia -Malaysia

Suaraindo.id—Guna mempercepat program vaksinasi diperbatasan RI-Malaysia. Puskesmas Entikong, Kalbar, berikan pelayanan vaksin di dusun Gun Jemak desa Gun Tembawang kecamatan Entikong. Program vaksinasi tersebut disambut antusias masyarakat.

“Vaksin pertama ini target 200 orang di Dusun terujung perbatasan kecamatan Entikong dengan Malaysia, “ungkap Kepala Puskesmas Entikong,Gatot Setiarno,Sabtu (16/10/2021).

Dusun Gunjemak berada persis di titik nol.sebagian besar warganya belum mendapatkan vaksinasi Covid-19. Karena jarak antar desa dan dusun yang jauh ditambah biaya transportasi mahal menjadi pertimbangan petugas medis memberikan pelayanan langsung ke dusun suruh tembawang.

“Pelayanan vaksin Covid-19 dengan sistim jemput bola ini yang pertama kali dilakukan di kecamatan Entikong bersama polsek,pamtas dan orang muda katolik kabupaten sanggau,” ungkap Gatot.

Sementara itu,Wakapolsek Entikong,Iptu,Sapja mengungkapkan gebyar vaksinasi Covid-19 dari Polres Sanggau bekerjasama dengan Puskemas Entikong sudah kelima kalinya dilaksanakan di pos pelayanan vaksin. Khususnya pelayanan langsung di desa Suruh Tembawang dusun Gun Jemak ini yang pertama kali.

“Masyarakat sangat antusias mendapatkan Vaksin Covid-19.tidak ada yang menolak karena sosialisasi juga telah dilakukan oleh bhabinkamtibas dan kepala desa terkait pentingnya vaksin serta protokol kesehatan dimasa pademi,”ujar Sapja.

Adapun tujuan utama pemerataan Vaksinasi Covid-19 ini adalah menciptakan kekebalan imunitas atau herd imunity di seluruh wilayah perbatasan, terutama masyarakat perbatasan yang berada di pelosok negeri.Wakapolsek Entikong mengingatkan masyarakat di Dusun Gun Jemak meskipun sudah mendapatkan vaksin Covid-19 warga harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama beraktivitas dengan 3 M

“Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan juga menghindari kerumunan,” timbaunya. [kun]

  • Bagikan