Panitia DOB Kabupaten Tayan Diterima Ketua DPRD Sanggau

  • Bagikan
Ketua DPRD Sanggau Foto Bersama Dengan Panitia DOB Kabupaten Tayan

Suaraindo.id—Panitia Pembentukan Kabupaten Tayan mendatangi kantor DPRD sanggau, untuk melakukan audiensi dengan anggota DPRD Sanggau.

Kedatangan panitia Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Tayan, digedung rakyat itu, diterima langsung oleh ketua DPRD Sanggau Jumadi dan sejumlah anggota lainnya, Senin (21/3/2022).

Menurut Jumadi,sebelum panitia DOB datang ke DPRD,mereka sudah melayangkan suratnya sehingga kita bisa menentukan jadwal, bahkan kamipun siap menerima kedatangan saudara saudara kita ini untuk beraudiensi tentang pembentukan kabupaten baru(Tayan) ujarnya

Dalam Audien tersebut ketua DPRD
Sanggau Jumadi menjelaskan,
berdasarkan , Undang Undang nomor 32 tahun 2004 pembahasan pemekaran ditingkat kabupaten sudah selesai,bahkan kita sudah membuat dukungan, dan sekarang sepenuhnya tergantung pemerintah pusat.kata Jumadi.

Bahkan dalam perjalanan terbit pula
Undang Undang nomor 23 tahun 2014, yang Peraturan Pemerintah (PP)-nya masih ditunggu panitia DOB Kabupaten Tayan.

“Dalam PP itu menisyaratkan, salah satu dukungan satu kesatuan. Satu surat Bupati dan DPRD bertandatangan di situ untuk mewujudkannya. Silakan kawan-kawan (panitia DOB) berkoordinasi. Tapi saran saya tadi, buat surat dulu pada Dewan dan Bupati, setelah itu koordinasi dengan Bupati. Legal standing gimana.

Prinsipnya kami tidak menghalangi. jika hari ini surat itu jadi,langsung saya teken jika bisa dipercepat kenapa harus menunggu lama ujarnya.

Berdasarkan kewenangan tugas DPRD ,terkait proses pemekaran Kabupaten Tayan sudah selesai. ‘Bola’ saat ini ada di pemerintah pusat.

“Kalau ada kewenangan di Kabupaten Sanggau menyatakan hari ini harus dimekarkan, kita sudah paripurna waktu itu. Menyetujui Tayan itu menjadi kabupaten tersendiri. Tapi karena ini dari Pemerintah Pusat, kita harus tunggu,” tegasnya.

  • Bagikan