Gempa 6,4 Guncang California Utara, Sedikitnya Dua Tewas, Ribuan Rumah Alami Pemadamam Listrik

  • Bagikan
Sebuah rumah di Rio Dell, California, runtuh akibat gempa yang melanda California utara pada 20 Desember 2022. (Foto: AP/Godofredo A. Vásquez)

Suaraindo.id – Gempa berkekuatan 6,4 mengguncang pesisir utama California sebelum fajar pada Selasa (20/12), menyebabkan sejumlah kerusakan pada beberapa rumah, jalan dan sistem air, serta memutus aliran listrik pada puluhan ribu rumah warga.

Sedikitnya dua orang dilaporkan meninggal dunia dan sebelas lainnya mengalami luka-luka akibat keadaan darurat medis yang terjadi selama atau setelah gempa, demikian menurut Kantor Sheriff Kabupaten Humboldt.

Gempa yang terjadi sekitar pukul 02.30 waktu setempat dan diikuti sekitar 80 gempa susulan, berpusat 350 kilometer utara lepas pantai San Fransisco, di Humboldt County, sebuah kawasan pedesaan yang dikenal dengan hutan redwood, makanan laut lokal, industri kayu, produk susu dan peternakan.

Wilayah itu juga dikenal dengan aktivitas seismik yang relatif sering terjadi, meskipun gempa terbaru tampaknya menyebabkan lebih banyak gangguan dibanding yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Gempa pada Selasa itu memicu satu kebakaran bangunan, yang dengan cepat dapat dipadamkan, dan menyebabkan dua bangunan lainnya runtuh, menurut Departemen Kehutanan dan Perlidungan Kebakaran California (CalFire).

Polisi menutup jembatan yang melintasi Eel River menuju ke Ferndale – kota indah yang terkenal dengan etalase-etalase toko dan rumah gaya roti jahe ala Victoria – setelah ditemukan empat retakan besar di jembatan itu.

Patroli Jalan Raya California mengatakan fondasi jalan di sana berisiko tergelincir. Pihak berwenang melaporkan sedikitnya ada empat jalan lain di kabupaten Humboldt yang ditutup karena mengalami kerusakan, dan kemungkinan pecahnya saluran gas – yang sedang diselidiki. Salah satu bagian jalan dilaporkan “tenggelam.” [em/rs]

  • Bagikan