DPD Organda Kalbar Optimalkan Peluang Transportasi Menuju Era IKN

  • Bagikan
DPD Organda Kalbar persiapan peluang transportasi Kalbar menyongsong IKN.[HO-Istimewa].Suaraindo.id/Suarakalbar.co.id

Suaraindo.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kalimantan Barat terus menunjukkan keseriusannya dalam menghadapi tantangan perubahan besar di sektor transportasi yang disebabkan oleh perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur.

Melalui Musyawarah Kerja Daerah II yang baru saja berlangsung, DPD Organda Kalbar mengonfirmasi kesiapannya untuk mengatasi peluang dan tantangan yang ditimbulkan oleh perubahan ini.

Suhardi, Ketua DPD Organda Kalbar, dalam pidato pembukaannya menyampaikan bahwa musyawarah kerja ini dihadiri oleh anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organda dari seluruh wilayah Kalimantan Barat. Tujuannya adalah untuk menyatukan persepsi mengenai program-program Organda Kalbar dalam menghadapi perkembangan Ibu Kota Negara baru di Kalimantan.

Dengan perpindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur, Suhardi menekankan bahwa Kalbar akan menjadi salah satu daerah yang memiliki peran penting dalam mendukung kesuksesan IKN. Dia mengajak pengusaha angkutan barang dan penumpang di Kalbar untuk segera memulai persiapan.

“Kedepannya, Kalbar akan menjadi penghubung utama dalam transportasi darat menuju Ibu Kota. Oleh karena itu, saya menghimbau para pengusaha angkutan untuk mempersiapkan armada mereka sejak saat ini,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Jumat (4/8/2023).

Selanjutnya, Suhardi juga mengajukan permintaan kepada Pemerintah Provinsi Kalbar untuk meningkatkan kualitas jalan raya agar layak digunakan. Saat ini, kondisi jalan di Kalbar dinilainya masih belum memadai, terutama untuk kendaraan berat di atas 10 ton.

“Jalan-jalan di Kalbar relatif sempit, sehingga jika tidak dilakukan perluasan dan perbaikan jalan secara dini, kita akan menghadapi kesulitan nantinya,” tambahnya.

Alfian, Asisten 3 Pemerintah Provinsi Kalbar, juga menyampaikan pentingnya kerjasama antara Organda dan Pemerintah Provinsi dalam menyusun solusi konkret.

“Pemerintah Provinsi Kalbar memberikan apresiasi atas usaha yang dilakukan oleh Organda Kalbar dalam mengembangkan angkutan darat di wilayah ini. Kami juga siap untuk berkoordinasi guna meningkatkan kualitas program-program Organda demi kepentingan masyarakat,” katanya.

Ateng Aryono, Sekretaris Jenderal DPP Organda Kalbar, mengungkapkan bahwa untuk mendukung IKN, perlu dilakukan perencanaan jaringan lalu lintas angkutan secara holistik.

“IKN akan berdampak besar terhadap mobilitas orang dan logistik. Oleh karena itu, kita perlu memetakan potensi tersebut dengan baik agar tata niaga untuk berbagai komoditas dapat berjalan lebih efisien,” jelasnya.

Musyawarah kerja ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mengarahkan persiapan yang lebih baik dalam menghadapi perubahan besar dalam sektor transportasi akibat perpindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur.

DPD Organda Kalbar berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak guna menciptakan sistem transportasi yang responsif dan efisien.

 

  • Bagikan