Tenggelam di Muara Jungkat, Delapan ABK KM Sinar Bontang Berhasil Diselamatkan

  • Bagikan
Tim SAR mengevakuasi ABK KM Sinar Bontang

Suaraindo.id—Sebanyak delapan anak buahvkapal (ABK) KM. Sinar Bontang berhasil dievakuasi tim SAR gabungan dalam keadaan selamat  sekitar pukul 23.35 WIB di perairan Muara Jungkat, Kabupaten Mempawah.

Kepala SAR Pontianak, Yopi dalam sebuah rilis menerangkan seluruh ABK dievakuasi dari rakit yang dinaiki untuk menyelamatkan diri.

“Seluruh ABK KM. Sinar Bontang ini menyelamatkan diri dengan menggunakan rakit yang berada di kapal tersebut. Saat kapal itu tenggelam mereka menyelamatkan diri menggunakan rakit ini,” ujar Yopi, Minggu (23/5/2021).

Ia juga mengatakan proses evakuasi cukup sulit karena sempat terhambat jarak pandang terbatas dan cuaca saat itu kurang bersahabat.

“Saat melakukan proses evakuasi tim SAR gabungan sempat kesulitan untuk menemukan posisi korban, jarak pandang yang terbatas dan kondisi cuaca yang kurang mendukung malam itu sempat menghambat dalam pencarian, namun akhirnya seluruh korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat,” jelasnya.

Setelah  melakukan evakuasi, korban kemudian dilakukan pengecekan kesehatan secara protokol Covid-19. Korban kemudian diserahkan kepada pihak agen.

“Setelah dipastikan dalam kondisi sehat korban kami serahkan kepada pihak agen pelayaran,” tutur yopi.

Sebelumnya, KM. Sinar Bontang berangkat dari Sampit, Kalimantan Tengah dengan tujuan Pontianak, Kalimantan Barat. Kapal nahas ini bermuatan karet dengan membawa delapan awak kapal, kemudian mengalami mati mesin dan tenggelam di sekitar perairan Kakap hingga Muara Jungkat.

  • Bagikan