Keren, Program PKW Mebeler Milik PKBM Al-Amiin di Ngawi Diminati Puluhan Milenial

  • Bagikan

Suaraindo.id—Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW), adalah layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan menumbuhkan sikap mental wirausaha dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal untuk berwirausaha.

Seperti halnya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) bernama Al-Amiin yang ada di Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi. Melalui program PKW di bidang mebeler, puluhan anak muda milenial ikut bergabung dalam pendidikan berwirausaha tersebut.

“Kurang lebih ada 20 anak-anak yang ikut program PKW ini, ada dari lingkungan pondok pesantren dan lingkungan sekitar desa Gerih. Dari pelatihan wirausaha mebeler, mereka sudah bisa membuat kursi, meja, pintu dan lain-lain,” ujar Kodir pengelola PKBM Al-amiin pada, Selasa (2/11/2021).

Kodir mengatakan, dengan adanya PKW diharapkan mampu menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan yang ada terutama untuk membuka lapangan kerja, setelah mereka bisa membuka sendiri usaha usai mengikuti program PKW.

“Program PKW ini benar-benar menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Harapannya mereka setelah selesai mengikuti PKW mebeler, diharapkan mampu berwirausaha sendiri, sehingga bisa membuka lapangan kerja,” ucap Kodir.

Di waktu yang sama, kepala bidang paud dikmas dinas pendidikan Kabupaten Ngawi, Zainal Fanani mengapresiasi sembilan PKBM yang menerima program PKW. Di PKBM Al-amiin sendiri, Zainal merasa kagum karena peserta PKW semuanya masih tergolong muda.

“PKBM Al-amiin ini merupakan salah satu dari sembilan PKBM yang mendapatkan program PKW. Dan di sini kami lihat pesertanya masih anak-anak muda atau milenial, ini perlu diapresiasi, mereka anak muda yang kompeten sadar akan bagusnya berwirausaha,” kata Zainal Fanani.

“Mudah-mudahan bekal ilmu yang diberikan PKBM Al-amiin melalui program PKW di bidang mebeler atau pertukangan bisa bermanfaat, usai dari mengikuti program ini tentu diharapkan bisa meningkatkan taraf ekonomi mereka,” pungkasnya.

Penulis: Ari HermawanEditor: Redaksi
  • Bagikan