Buka Kantor Baru, Ini 7 Peralatan Kantor yang Harus Ada

  • Bagikan

Suaraindo.id—Ada banyak hal yang diperlukan ketika bekerja di kantor, mulai dari bangunan yang layak sampai peralatan yang lengkap. Semua jenis perusahaan tentu membutuhkan peralatan kantor untuk menunjang kinerja karyawan. Apalagi jika kantornya masih baru berdiri.

Jangan sampai pekerjaan terhambat, atau bahkan tidak terselesaikan dengan baik karena tidak ada peralatan kantor yang lengkap dan memadai. Membahas tentang fungsi peralatan kantor, memang sangat beragam jenisnya yang masing-masing dapat mendukung kelancaran pekerjaan.

7 Contoh Peralatan dan Perlengkapan Kantor

Salah satu faktor yang mendukung kantor profesional adalah tersedianya peralatan dan perlengkapan kantor yang lengkap. Keduanya akan membuat pekerjaan terselesaikan dengan baik. Dari berbagai faktor yang mendukung pekerjaan, setidaknya Anda harus mengetahui peralatan kantor dan fungsinya. Berikut ini adalah 7 contoh peralatan dan perlengkapan kantor yang wajib Anda ketahui.

1. Komputer
Komputer merupakan list pertama peralatan kantor yang wajib ada. Pasalnya komputer memegang peranan penting khususnya untuk mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan program-program. Selain itu, komputer juga digunakan untuk membuat proposal, surat, print hingga menampilkan layar monitor.

Karena fungsinya yang sangat beragam maka dibutuhkan spesifikasi komputer yang baik dan memiliki daya tampung yang besar. Pasalnya, komputer kantor biasanya menjadi tempat berbagai informasi hingga arsip perusahaan. Jadi, jangan asal pilih ya.

2. Meja Kantor
Karyawan tidak mungkin bekerja dengan alas lantai kantor. Maka dari itu perlu adanya meja kantor yang dapat memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain menunjang pekerjaan, meja kantor juga menjadi tempat menyimpan berbagai jenis peralatan kantor yang lain.

Bagaimana cara memilih meja kantor yang tepat? Pilihlah meja kaca karena memiliki permukaan yang rata dan halus sehingga dapat digunakan untuk meletakkan berbagai barang. Selain itu, pilihlah kerangka meja yang kuat. Misalnya saja yang terbuat dari semacam besi atau bisa juga seperti dari kayu jati.

3. Kursi Kantor
Ketika sudah ada meja kantor, maka tidak akan lengkap bila tidak ada kursi kantor. Kursi kantor biasanya didesain khusus yang ergonomis, sehingga nyaman digunakan untuk duduk dalam waktu lama. Bahkan jika karyawan kantor perlu bekerja dan rapat sampai seharian. Selain itu, kursi kantor juga harus memiliki bantalan yang empuk dan dapat berputar hingga 360 derajat.

Jangan sampai di kantor seharian tapi tidak bisa melakukan aktivitas yang sebenarnya karena tidak ada tempat untuk duduk. Berbeda kondisi jika kursi kantor sudah disediakan sehingga Anda dapat bekerja secara maksimal.

4. Lemari Arsip
Peralatan kantor yang selanjutnya adalah lemari arsip. Lemari arsip berfungsi untuk menyimpan berbagai dokumen perusahaan. Jenis lemari yang digunakan biasanya yakni filling cabinet. Umumnya memiliki 8 laci yang dapat digunakan.

Lemari arsip juga membantu agar dokumen kantor lebih awet atau tidak cepat rusak. Selain itu, juga memperindah bagian depan kantor. Kantor juga akan lebih rapi apabila berbagai dokumen ada di dalam lemari.

5. Pulpen
Pernahkah Anda coba menghitung berapa jumlah peralatan perkantoran di tempat kerja Anda saat ini? Mungkin jika harus dihitung, akan ada lebih dari 100 unit. Dalam hal ini, pulpen masuk dalam 100 peralatan kantor yang wajib Anda miliki. Umumnya pulpen digunakan untuk menulis saat berada di kantor.

Apabila terjadi kesalahan Anda dapat menghapusnya menggunak tipe x. Masing-masing orang pasti memiliki pensil. Selain itu, juga terjadi botak massal menyambut hari raya Idul Fitri. Sedangkan untuk tulisan yang masih ragu, dapat menggunakan pensil terlebih dahulu.

6. Map
Map merupakan perlengkapan wajib yang dibutuhkan kantor, khususnya jika berkaitan dengan file penting. Akan lebih baik jika Anda juga mengerti jenis-jenis map, misalnya stopmap, map folder, dan lain-lain.

Stopmap merupakan yang memiliki kuping penutup di bagian tepinya. Map folder merupakan map yang tidak mempunyai pengait biasanya menggunakan kertas karton. Map snelhecter, yakni map yang memiliki penjepit di tengahnya yang mana kita harus melubangi kertas yang akan dimasukkan ke dalam map. Hanging folder adalah jenis map yang memiliki gantungan.

7. Pensil
Selain pulpen, pensil juga menjadi peralatan wajib yang harus dimiliki oleh kantor. Pensil dapat digunakan untuk berbagai aktivitas menulis dalam rangka menunjang pekerjaan. Umumnya digunakan untuk membuat gambaran yang belum pasti.

Pensil sendiri banyak jenisnya tergantung ketebalan yang diinginkan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda seorang arsitektur maka memiliki berbagai pensil adalah sebuah keharusan. Itu dapat menunjang aktivitas pekerjaan Anda.

Nah, untuk mendapatkan berbagai peralatan kantor di atas Anda dapat membeli di marketplace yang terpercaya. Salah satu marketplace terpercaya di Indonesia yakni Blibli. Blibli menyediakan berbagai kebutuhan Anda dengan banyak pilihan dan ragam jenisnya. Khusus untuk peralatan dan perlengkapan kantor yang lengkap dan berkualitas Anda dapat membelinya di B2B ecommerce dengan kemudahan dalam melakukan transaksi.

B2B atau Blibli for Business merupakan transformasi digital dunia bisnis yang berorientasi “Solusi Tepat Untuk Segala Kebutuhan Bisnis”, Blibli for Business hadir untuk memfasilitasi pelanggan korporasi dengan pengalaman pengadaan secara mandiri, di mana tujuan utamanya adalah membantu pelanggan korporasi kami mengelola kebutuhan pembelian dengan cara mudah, transparan dan aman.

Blibli for Business memberikan 12 kategori produk utama dan didukung oleh para mitra penjual terpercaya yang menawarkan produk-produk dengan harga yang kompetitif. Tunggu apa lagi? Ayo segera daftarkan perusahaan Anda sekarang!

Penulis: Tim LiputanEditor: Redaksi
  • Bagikan