Perkuat Server dan Titik Koordinat PPDB di Kalbar

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Rita Hastarita. SUARAINDO.ID/Rabiansyah.

Suaraindo.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Barat, memastikan kesiapannya dalam Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kalbar online jenjang SMA dan SMK tahun 2022. Satu diantara bukti kesiapannya yaitu memperkuat server dan titik koordinat dalam aplikasi PPDB yang menggunakan sistem jalur zonasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Rita Hastarita mengaku, pihaknya telah siap untuk melaksanakan PPDB yang dilakukan secara online. Untuk memastikan kelancaran itu, pihaknya juga telah melakukan uji coba PPDB, dengan server yang semakin diperkuat.

“Pada tahapan uji coba beberapa waktu lalu itu, sebanyak 18 ribu peserta didik telah mengakses PPDB online, dalam uji coba itu semuanya berjalan lancar,” katanya, Kamis (16/6/2022).

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan peningkatan kompetensi operator PPDB online jenjang SMA maupun SMK, jadwal pendaftaran PPDB ini dimulai pada 20-26 Juni 2022, sedangkan pengumuman final pada 3 Juli 2022.

“Sementara untuk kuota jalur terbagi menjadi jalur zonasi sebanyak 50 persen, afirmasi 15 persen, perpindahan tugas orang tua 5 persen, prestasi 30 persen dan regular SMK,” ucapnya.

Untuk jalur zonasi, Rita mengaku telah melakukan evaluasi dan perbaikan sistem penentuan titik jarak rumah ke sekolah, sehingga nantinya para calon peserta didik tidak lagi mutar – mutar terlalu jauh.

“Bagi Kabupaten Kota yang belum tersentuh jaringan internet, maka proses pendaftarannya langsung ke sekolah. Nantinya calon peserta didik mendapatkan bimbingan dari operator untuk menginput data,” pungkasnya.

  • Bagikan